DRAMA MOTOGP SERI EMILIA ROMAGNA



Seri MotoGP Emilia Romagna yang diselenggarakan di Sirkuit Misano Italia, Minggu, 20 September 2020, memang penuh drama. Kembalinya dominasi pembalap Spanyol setelah seminggu sebelumnya podium 1 dan 2 diraih pembalap Italia, di Seri ini direbut oleh pembalap Spanyol. Tidak tanggung-tanggung, Spanyol berhasil "sapu bersih" podium MotoGP lewat Maverick Vinales, Joan Mir dan Pol Espargaro. 

Lalu drama apalagi yang terjadi di seri ini? berikut ini drama yang terjadi di Seri MotoGP Emilia Romagna.

Pertama, Valentino Rossi terjatuh di lap kedua. Sebagai pembalap tuan rumah dan juga legenda hidup MotoGP, tentu Valentino Rossi sangat diharapkan mampu meraih podium, tapi apa daya, ia terjatuh, dan meski bisa melanjutkan balap, pada akhirnya ia harus kembali ke pit.

Kedua, Francesco Bagnaia gagal finish. Ya, Pecco memang kembali dijagokan di race ini setelah sebelumnya finish di podium kedua. Apalagi Pecco berhasil memimpin balap sejak awal race, dan Franco Morbidelli, sang juara di race sebelumnya tercecer dibelakang, sehingga Pecco memang sangat berpotensi meraih juara pertamanya di MotoGP. Namun sayang ia pun terjatuh, yang disinyalir disebabkan terpeleset tear off helm, penyebab yang sama atas kerusakan mesin Ducatti pada motor Jack Miller. Ya, motor Jack Miller rusak akibat tear off helm milik Quartararo tersedot ke intake mesin dan menyebabkan tersumbatnya filter udara.



Ketiga, Fabio Quartararo batal podium. Adu cepat antara Fabio Quartararo, Joan Mir, dan Pol Espargaro menyebabkan Quartararo terkena penalti akibat berkali-kali menyentuh track limit. Quartararo mengeluhkan dia tidak mendapat warning dari race direction melalui transponder-nya, sehingga ia tidak mengetahui kesalahannya, dan gagal memenuhi Long Lap Penalty sehingga ia mendapat penalti pengurangan waktu 3 (tiga) detik dan harus finish di belakang Pol Espargaro yang meraih podium ketiga.

Keempat, Andrea Dovizioso memimpin klasemen. Performa Dovi memang tidak terlalu baik di musim ini, akan tetapi cideranya Marc Marquez serta inkonsistensi pembalap lainnya, membuat Dovi berada di puncak klasemen sementara perolehan poin dengan total 84 poin dengan selisih 1 poin di atas Quartararo dan Vinales. Akankah terulang seperti yang terjadi pada Nicky Hayden?? entahlah.

Demikian drama-drama yang terjadi di Seri ini. Ada drama lain? atau tonton videonya.






No comments:

Post a Comment