MENGUBAH DOMAIN BLOGSPOT


Anda seorang blogger?? yeah I mean blogger user, not wordpress or else, rasanya ga jaman lagi  menggunakan nama domain berekstensi blogspot. Bukankan lebih baik menggunakan domain berbayar berekstensi com, net, org, atau id. Apalagi nama domain saat berpengaruh untuk SEO (Search Engine Optimization) dengan harga yang relatif murah, yaitu berada di kisaran Rp 100 Ribu - Rp 500 Ribu. Tapi bagaimana caranya???

Pertama, beli domain. Banyak penyedia jasa pendaftaran nama domain, silahkan pilih sesuai selera anda. Gue sendiri menggunakan jasa di masterweb.com yang familiar dengan sebutan MWN. Oleh karena itu pada artikel ini gue menggunakan contoh menggunakan MWN. Jangan lupa dalam pembelian domain, pastikan anda mendapat akses Spanel. Di MWN anda harus membayar biaya tambahan sebesar Rp 10, bukan typo tapi emang sepuluh rupiah per tahun.


Kedua, login ke akun blogspot anda, lalu pilih menu setelan/setting, setelah itu ubah alamat blog anda dengan nama domain yang anda beli.


Setelah anda ubah alamat blog, anda akan diberikan 2 (dua) CNAME. gunakan teknik copas untuk memasukkannya pada pengaturan DNS di SPanel anda. Verifikasi juga kepemilikan domain anda dengan data TXT (lingkaran merah pada gambar). Gunakan juga teknik copas nanti.

 

Ketiga, login ke SPanel anda. di MWN, masuk lewat klien area. Klik menu My Services, lalu klik logo SPanel di domain yang anda beli.


Setelah anda login ke SPanel, klik menu Domain lalu telusuri sub-menunya sampai anda menemukan sub-menu Sunting DNS.


Setelah itu input CNAME dan TXT yang sudah diberikan blogger tadi. Jangan lupa untuk menyimpannya dengan menekan tombol Update dan Selesai (lingkaran merah).


Keempat, login lagi ke akun blogger anda. Pada menu setelan/setting sebagaimana langkah Kedua, tekan tombol Simpan/Save. Kemudian edit kembali alamat blog anda, karena anda akan menemui pilihan pengalihan yang harus anda centang, lalu tekan  tombol Simpan/Save

Kelima, silahkan coba mengakses blog anda menggunakan browser. Terkadang butuh waktu untuk mengakses blog anda, sabar aja. Selamat mencoba!!!


No comments:

Post a Comment