MENCARI FILE PRODUK HUKUM



Bingung mencari produk hukum, seperti Undang-Undang (UU), Peraturan Pemerintah (PP), Peraturan Presiden (Perpres), Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Walikota/Bupati (Perwal/Perbup)?? Ga bingung kok, tinggal googling aja. Itu benar, tetapi sebenarnya ada lho situs-situs pemerintah yang tergabung dalam Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) yang menyediakan file-file produk hukum untuk diunduh (download). 

JDIH sendiri merupakan program pemerintah yang dituangkan dalam Perpres Nomor 33 Tahun 2012 tentang Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN). JDIHN terdiri dari Pusat Jaringan, yaitu Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) dan Anggota Jaringan, yaitu Kementerian, Pemerintah Daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota) dan lembaga pemerintahan lainnya. Di dalam Perpres tersebut, seluruh Anggota Jaringan harus melakukan pendokumentasian produk-produk hukum yang dikeluarkan oleh instansinya untuk kemudian dipublikasikan, salah satunya melalui media website.


Lalu bagaimana mengetahui situs-situs tersebut. Gampang, langsung saja ke situs Pusat Jaringan/BPHN di sini. Di situs ini tersedia produk-produk hukum seperti UU, PP, Perpres dan lain-lain. Jika ingin mendapatkan produk hukum Anggota JDIH Daerah, situs ini menyediakan link ke seluruh Anggota JDIH Daerah. Klik aja gambar peta di pojok kanan atas. 

Link Anggota JDIH Daerah

Sedangkan sebagai tambahan, anda juga bisa mengunjungi situs website JDIH Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di sini. Anda juga bisa googling menggunakan kata kunci "JDIH", "JDIHukum", "SJDI", serta "JDI" yang diikuti dengan instansi, misal "JDIH Kota Tangerang", "JDI Keuangan" dan lain-lain.

Semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment