BANYAK CHROME.EXE DI WINDOWS TASK MANAGER



Sudah 2 (dua) minggu tak ada Firefox di notebook gue. Entah kenapa si Rubah crash melulu. Jadi sementara gue uninstall. Untuk urusan browsing gue coba pake Chrome dulu. Sampai saat ini sih sukses kaga ada masalah.

Meski masih aman dari masalah, gue iseng pengen tau seberapa banyak memory yang dikonsumsi browser ini. Gue coba lihat di windows task manager, gue kaget melihat begitu banyak chrome.exe yang ditampilkan pada windows task manager. Virus kah??

Ternyata bukan... Google Chrome memiliki banyak perbedaan dengan browser lain, seperti Mozilla Firefox atau Internet Explorer. Secara default, Chrome melakukan proses yang terpisah untuk setiap tab atau extesion yang digunakan. Jika lo buka beberapa tab, dan menginstall beberapa extension maka lo akan dapat melihat beberapa proses yang berjalan bersamaan. 

Proses yang berjalan pada Chrome
Lalu apa manfaat dari proses yang terpisah ini? Katanya sih alasan keamanan dan kecepatan proses. Emang sih, dengan proses yang terpisah di tiap tab, alokasi memori sepenuhnya dialokasikan pada tab yang dibuka sehingga kecepatan berselancar di dunia maya lebih terjaga. Apabila ada tab yang mengalami error karena sebab tertentu, browser tidak harus ditutup semua. Ini yang sering terjadi ma gue saat menggunakan firefox. Minusnya, ya jelas Chrome tidak diperuntukkan buat komputer dengan memory pas-pasan.

Lalu proses apa aja sih yang dilakukan oleh browser ini? kalian bisa melihatnya di Chrome Task Manager. Tinggal tekan tombol Shift dan Esc berbarengan, maka tampilan Chrome Task Manager akan muncul. Disana kalian bisa mengetahui proses apa saja yang sedang berjalan, termasuk plugin atau extension yang digunakan. Kalian bisa mematikan proses yang tidak kalian butuhkan dengan meng-klik proses yang tidak dibutuhkan lalu tekan tombol "End Process".

Chrome Task Manager
Katanya lagi ada trik untuk mengatur agar proses yang dilakukan oleh Crome hanya single process. Tapi setelah gue coba trik ini hanya mitos. Entah karena sudah di patch oleh Chrome, ketidaktahuan gue atau apalah, yang pasti ga ngaruh. Namun ga ada salahnya gue sharing trik mitos ini. Langkah pertama buka properties dari Chrome, klik kanan icon Chrome trus pilih Properties. Pada field Target silahkan tambahkan --disable-plugins --process-per-site setelah tanda kutip. Jadi kira-kira kaya gini "C:\Program Files\Google\Chrome\Application\chrome.exe" --disable-plugins --process-per-site. Lalu tekan tombol "Apply".

Google Chrome Properties

Yah, mudah-mudahan kalian berhasil. Amin.


Oya, kaitan dengan virus, ternyata ada virus yang berpura-pura menjadi bagian dari multiple process -nya Google Chrome. Berikut ini video tutorial untuk mengatasinya.



Semoga posting ini bermanfaat, yah. Jangan lupa follow @daancool.

6 comments:

  1. wah terima kasih banyak ya mas atas tutorialnya :)

    ReplyDelete
  2. Terima aksih banyak atas infonya kebetulan saya juga mengalama masalah yang sama bikin berat laptop..

    ReplyDelete
  3. Mas, hal ini saya temukan pada komputer kantor. padahal belum buka tab apapun, masih halaman start, tapi di task manager sudah terbuka 6 aplikasi chrome. dan karena spek pas-pasan jadi ketika mengakses website, kinerja CPU makin tinggi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada akhir artikel sy sertakan tutorial utk mengatasi virus yg berpura2 sbagai google chrome. Mudah2an masih relevan. Trims

      Delete

INSTAGRAM