PEMBUAT SITUS SILK ROAD DIHUKUM SEUMUR HIDUP



Pembuat situs Silk Road, Ross W. Ulbricht, dijatuhi hukuman seumur hidup oleh Pengadilan Federal Manhattan. Ulbricht diancam hukuman minimal 20 tahun penjara, akan tetapi Hakim Katherine B. Forest menjatuhkan hukuman maksimal karena tindakan Ulbricht  sangat merusak masyarakat. Apa sih yang dijual Ulbricht di websitenya??

Silk Road merupakan surga bagi para pecandu obat-obatan terlarang. Situs ini menjual mulai ganja, heroin, kokain, LSD dan banyak lagi. Gila ya?? Bahkan Jaksa Penuntut-nya menjuluki Ulbricht sebagai gembong internasional peredaran digital obat-obatan terlarang.

Selama beroperasi kurang lebih hampir tiga tahun, Silk Road tercatat telah melakukan 1,5 juta transaksi yang melibatkan ribuan penjual dan seratus ribu lebih pembeli. Transaksi menggunakan uang digital yaitu Bitcoin, dan Ulbricht  dengan menggunakan akun Dread Pirate Roberts mengambil komisi jutaan dollar dari seluruh transaksi yang terjadi.


Silk Road beroperasi di dalam apa yang oleh umum disebut sebagai Dark Web. Apa sih Dark Web?? sebenarnya Dark Web adalah situs biasa yang bisa diakses oleh siapapun, namun sulit diungkap dimana ia dihosting dan oleh siapa situs ini diunggah. Sebagian besar Dark Web menggunakan software bernama Tor, sebagian kecilnya menggunakan software sejenis bernama I2P. 

Syukurlah berkat kecanggihan penegak hukum disana, Ulbricht dapat ditangkap. Coba bayangkan jika situs Silk Road masih beroperasi, generasi muda Indonesia dapat membeli obat-obatan terlarang dengan mudah tanpa harus keluar rumah, Gila!!!

No comments:

Post a Comment