TIPS BERHASIL MENGHADAPI SIDANG SKRIPSI



Sidang skripsi bagi banyak mahasiswa merupakan momok yang menakutkan. Ya ga salah juga sih, manusiawi lah. Meskipun begitu, ini adalah hal yang harus ditempuh kalau mau lulus. Sedikit bocoran nih, sebenarnya yang lebih ribet itu bukan sidang, lho, akan tetapi revisi dan seabreg proses administrasi yang harus dipenuhi baik sebelum sidang maupun setelahnya. Jadi saran gue, jangan terlalu khawatir ma sidang lah, apalagi ditambah tips-tips dari gue.... hahahahaha.... narsis!!!!

Pertama, buat sendiri skripsi lo!!! Pake joki mah mending lo ikut balap liar aja, jangan jadi mahasiswa. Kejammm ya??? oke deh gue ngalah. Seandainya nih lo perlu bantuan buat menyelesaikan skripsi, khususnya anak IT, yang banyak juga minta dibuatin softwarenya. It's OK lo minta buatin softwarenya, tapi minimal peran sebagai project leader jangan ditinggal dibalik cucian kotor. Jangan sampe lo bingung ma business process software yang dibuat. Caranya?? ya lo coba terus softwarenya, lama-lama lo juga akan mengerti tanpa lo sadari, mulai dari business process sampai bugs program-nya. Tinggal make doang kan?? So jangan males. Hal ini juga berlaku pada pembuatan skripsi semua disiplin ilmu, jadilah Project Leader!!

Kedua, buatlah slide presentasi yang informatif. Banyak yang berpikir slide presentasi untuk sidang harus menarik. Helllooooooo lo mahasiswa apa sales, Mas?? !! Sebagian besar slide presentasi pada sidang dipergunakan sebagai pointer untuk memandu penyampaian skripsi ke Penguji, hayoo ngaku??!! Jadi buatlah seinformatif mungkin buat lo bukan Penguji, ya tapi jangan aneh kebangetan lah, misal berbentuk coret-coretan yang cuma iblis ma elo yang tau. Buatlah slide presentasi yang bisa membuat Penguji mendengar elo, bukan cuma melihat slide presentasinya. Ya bukan nya membuat slide presentasi bagus itu salah, tapi percayalah ga banyak ngaruhnya, bikin capek, nambah waktu de el el, ya (mungkin) kecuali kalo lo jurusan desain grafis, atau ............................................................ sales.



Ketiga, latihlah cara penyampaian lo. Caranya?? gunakan slide presentasi lo sebagai panduan. Makanya buat slide presentasi yang informatif .... buat lo. Bikin cakepnya entarlah nomor dua, kalo sempet. Dengan slide yang informatif, cara penyampaian lo akan lebih urut dan ga loncat-loncat, sedangkan latihannya akan membuat diksi lo lebih baik. Latihan itu ga harus di depan kaca, atau bahkan sampe bikin gladi bersih segala. Lo bisa latihan sambil nyetir, di kamar mandi, atau apalah yang bisa buat lo nyaman, yang penting jangan sesuatu yang bikin lo keliatan aneh, misal ngomong sendiri di keramaian, atau nganggep temen lo berlatih yang pura-pura jadi Penguji itu monyet.... plisss NO!!

Keempat, pelajari skripsi lo, terutama pada Bab landasan teori yang kebanyakan mahasiswa cuma copas doang. Banyak lho pertanyaan skripsi itu yang mengacu ke Bab ini, karena sebenarnya teori-teori inilah yang menjadi dasar penulisan lo. Jadi jangan sampe ada pernyataan atau kesimpulan tanpa dukungan teorinya. Misal, skripsi lo berkaitan dengan efektifitas dan efisensi suatu lembaga. Jangan sampai teori tentang efektifitas dan efisiensi ga masuk pada Bab landasan teori, sebaliknya malah lo muat teori relativitas Einstein, yang sebenarnya ga ada hubungan dengan Bab-Bab selanjutnya. Jadi mulailah untuk mempelajari skripsi lo mulai dari Latar Belakang, Landasan Teori, Pembahasan sampai dengan Kesimpulan. Itulah mengapa tips pertama dari gue adalah buat sendiri skripsi lo dan jadilah project leader-nya. Dengan begitu lo ga perlu pelajari skripsi secara menyeluruh, yang sudah pasti butuh waktu dan kebanyakan malah bikin korslet. Cukup lah dengan baca-baca Bab Landasan Teori saja. Gampangkan??!!

Kelima, jangan stress dan istirahatlah yang cukup. Isi masa-masa sebelum sidang dengan aktivitas yang have fun juga. Jangan cuma belajar, berlatih, dan sibuk buat ini itu. Let it flow aja. Waktunya ngopi ya ngopi, waktunya hangout ya hangout, waktu pacaran ya ngapel, pokoknya tetap seimbang antara persiapan sidang dengan aktifitas rutin lo yang asyik-asyik. Jadi dibutuhkan manajemen waktu yang pas buat lo, jangan sampai persiapan sidang memaksa lo jadi banyak bergadang dan bikin mata lo berkantong kaya Kanguru, apalagi sampe membuat penampilan lo malah kusut saat sidang.



Keenam, berdoa, jauhi maksiat atau dosa serta perbanyaklah beramal. Dengan jadi manusia yang religius, kemungkinan doa lo dikabulkan bakal lebih tinggi, walau ada juga sih kemungkinan doa lo di reject. Ikhlas aja deh pokoknya, minimal pahala lo dapat, meski belum tentu masuk surga juga...lho!!!

Dengan mengamalkan tips-tips ini, pada saat sidang mudah-mudahan lo jadi lebih percaya diri, penyampaian lo baik, jawaban lo keren, pokoknya sidang berlangsung mulus dah... Dulu gue sih begitu, lancar kaya jalan tol. Nilai skripsi gue juga ga jelek, A- padahal tugas Penilaian Obyektif (PO - tugas-tugas lain sebagai bahan penilaian skripsi, misal jumlah sertifikat minimal, bikin jurnal, pelaksanaan Tridharma PT dan banyak lagi) gue cuma 55 (ya berarti cuma 55% terpenuhi), gimana kalo PO gue 100. A plus plus kali gue .... hahahahaha. Semoga ini jadi inspirasi, sehingga nilai kalian akan lebih baik dari gue. Amin......

No comments:

Post a Comment

INSTAGRAM