DOWNLOAD VIDEO YOUTUBE DI LINUX


Menggunakan OS Linux merupakan tantangan tersendiri, termasuk untuk urusan hepi-hepi kaya mengunduh (download) video youtube. Sementara untuk urusan ini para pengguna OS Windows sangat familiar dengan add-on atau kalau di-indonesia-kan disebut Pengaya pada browser, lain halnya bagi para pengguna linux. Gue sudah mencoba menginstall beberapa add-on di browser untuk mengunduh video youtube, hasilnya gagal. Dengan sedikit usaha akhirnya gue temukan aplikasi untuk mengunduh video youtube dengan cara yang sangat mudah, yaitu youtube-dl.

Pertama yang harus lo lakukan adalah menginstall youtube-dl. Disinilah masalah utama bahkan seringnya menjadi masalah pertama yang harus diselesaikan. Berikut sedikit info untuk menginstallnya sesuai distro linux-nya :
  1. Pengguna Ubuntu dapat menginstall youtube-dl menggunakan Ubuntu Software Centre. Klik disini untuk petunjuk instalasinya.
  2. Pengguna Ubuntu juga dapat menggunakan perintah sudo apt-get install youtube-dl . Perintah ini dapat berjalan pada Linux Mint, Elementary OS dan Zorin
  3. Pengguna Fedora dan CentOS dapat menginstallnya menggunakan Yum Extender. Klik disini untuk petunjuk instalasinya.
  4. Pengguna Fedora dan CentOS juga dapat menggunakan perintah yum install youtube-dl .

Setelah youtube-dl terinstall salin link video youtube yang ingin lo unduh seperti pada gambar berikut,


Setelah link tersalin, jalankan perintah youtube-dl [copas link video] lalu tekan enter 


Selamat, lo sudah berhasil mengunduh video dari youtube. Hasil unduhan lo terdapat pada folder sesuai folder perintah dijalankan, pada contoh gue, terdapat di folder home.


Demikian, semoga berguna. byeeee!!!

2 comments: