VIVAVIDEO REVIEW



Sudah pernah pakai aplikasi video editor berbasis android?? kalau pernah mungkin mendengar atau bahkan pernah menggunakan beberapa aplikasi video editor di android, salah satunya adalah VivaVideo. Gue sendiri sudah pakai dan membeli versi berbayarnya dan ternyata .... eng ... ing ... eng ... inilah review dari gue setelah membuat beberapa video menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi ini lumayan sih menurut gue, bintang 3 gue kasih. Apa sih keistimewaannya??  berikut yang bisa gue rangkum : 

Pertama,  FREE alias GRATISS dengan hampir semua fasilitas bisa digunakan kecuali hilangkan watermark dan ads/iklan, serta penggunaan adjutment tool dan durasi yang terbatas (max 5 menit seinget gue - tapi tim hore jarang banget kok bikin video sampai 5 menit). 

Kedua, penggunaannya MUDAH. Kalian tinggal pilih video yang ingin di edit, lalu tambahkan transisi, lagu, efek, text, filter dan banyak lagi, pokoknya bikin video tambah oke, lalu share (render). Kalau ga mau pusing, tinggal pilih theme bawaan aplikasi yang juga banyak pilihannya.

Ketiga, seperti yang sudah gue sampaikan di kelebihan yang kedua, koleksi theme, efek, transisi, lagu, dan fasilitas yang oke lainnya relatif BANYAK. Gue sudah buat beberapa video, dan masih banyak fasilitas yang belum gue pakai.

Keempat, versi berbayarnya tidak ada batasan waktu pemakaian, sementara aplikasi lainnya ada yang dipatok 1 (satu) tahun setelah itu bayar lagi.



Ga adil rasanya setelah kelebihan tapi gue ga sampaikan  kekurangannya. Berikut yang bisa gue sampaikan :

Pertama,  transisi antar video terkadang terjadi lompatan frame (patah-patah, ...lol), begitu juga transisi antar lagu yang terkadang menimbulkan clipping sound, dimana salah satu penyebabnya karena tidak ada fasilitas fade out lagu. Ini salah satu issu yang paling utama menurut gue, karena sebagian waktu edit habis buat ngutak-ngatik meminimalisir munculnya ini. Kayaknya permasalahan transisi antar video menjadi PR yang harus diperbaiki pengembang (developer) aplikasi ini.

Kedua, video yang dihasilkan tidak HD. Sumpah ini ngeselin, bahkan yang berbayar pun hasilnya sama, resolusi output videonya cuma 360 pixel. Daaaaaaaan yang paling ngeselin lagi, ternyata ada VivaVideo Pro yang KATANYA outputnya HD dengan harga yang sama saat gue upgrade versi Free VivaVideo. Kenapa juga yang udah upgrade ga dapet fasilitas output HD, entah. 



Itulah kelebihan dan kekurangan VivaVideo menurut gue, So saran gue, kalau mo GRATISAN, gue rekomendasikan aplikasi ini, tapi kalau punya rezeki lebih, langsung aja beli VivaVideo Pro jangan upgrade dari versi Free-nya. ngeselin hahahahahaha....

Terakhir, kali aja agan-agan mo liat video gue yang dibuat menggunakan VivaVideo. Klik aja INI

Semoga bermanfaat, byeeeeee.

2 comments:

  1. wah ini juga sdh install, tapi baru tau kalo ada batasan durasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada bro, yg free max 5 menit. Tp jarang kok nubi buat video durasi segitu, aplg di HP, editnya beraaaaat. :)

      Delete

INSTAGRAM