TIPS LULUS TES SERTIFIKASI PENGADAAN BARANG DAN JASA PEMERINTAH



Ini pengalaman pribadi gue saat lulus tes sertifikasi pengadaan barang dan jasa pemerintah. Entah kalau di tes lagi bakal lulus atau tidak, tetapi inilah kiat-kiat yang sudah gue lakukan atau akan gue lakukan (pelajaran dari pengalaman saat tes) jika di tes lagi (emang perlu??). Mudah-mudahan bisa membantu kalian yang ngebet untuk lulus dan sudah mencoba berkali-kali tapi belum beruntung.

Tips pertama adalah belajar. Yah itu juga semua orang tau! hehehehe jangan protes dulu, Mas. Yang pertama kalian harus ketahui ujian ini berbasis komputer dan OPEN BOOK!!! Jadi bawa buku yang kalian pikir bakal membantu kalian untuk menjawab soal-soal. Jangan sekali-kali berpikir "hari gini masih pake buku, kan ada smartphone atau gadget", trus anda dengan pongahnya merasa "Anak IT, neeh". Baca lagi rule-nya, OPEN BOOK bukan OPEN GADGET, jadi bawa buku, modul, contekan atau apalah namanya. Tapi gue permudah yah, ini modul yang gue pake dari sumber antah berantah (Gbr.a).


Gambar a. Modul PBJP
Setelah anda punya pegangan, baik modul, buku, atau apalah, tandai sesuai klasifikasi, misal Syarat, Tugas, Metode Evaluasi, dst. Pokoknya yang nantinya bakal mempermudah anda untuk mencari jawaban. 

Tips Kedua adalah BACA!!! Baca saja pegangan anda, ingat semampu anda. Ini akan mengisi memori anda secara tidak sadar. Gunakan otak kanan anda, bagaimana caranya?? kaitkan yang anda baca dengan pengalaman anda atau yang anda dengar. Ga punya pengalaman sama sekali?? Ya konyol. emang motif apa yang membuat anda ikut atau diikutkan tes kalo gitu. Sebaiknya anda mundur aja kalo gitu, percumahhh!! Tips saya cuma bisa membantu orang yang minim pengalaman tapi mau lulus.

Tips Ketiga adalah BERDOA. Anda bisa lakukan ini jauh-jauh hari sebelum tes atau sesaat sebelum mengerjakan soal. 

Tips Keempat adalah pahami soal. Ni bocorannya, soal terdiri dari 90 Soal pilihan ganda yang dibagi dengan 3 (tiga) jenis, yaitu pilihan benar atau salah,  soal umum, dan contoh kasus. Setiap jenis soal berbeda bobot nilainya jika dijawab dengan benar. Jawaban salah atau kosong, bernilai nol (tidak ada pengurangan nilai), nah inilah keuntungannya. Why?? ntar yah, gue gabungin ama tips selanjutnya.


Tips Kelima adalah MANAJEMEN WAKTU. Anda dikasih waktu selama kurang lebih dua jam (sumpahh gue lupa hehehe) untuk menjawab seluruh soal. Jadi seloww aja jek. Jangan termakan omongan pengawas yang bilang kalian bisa menjawab soal dari belakang, tengah, melewatkan soal atau lambaikan tangan jika udah pusing. Jawablah soal dari nomor pertama, ingat pertama!!! Jawablah soal tanpa melihat buku, jika anda sudah yakin benar, tetapi bagi yang minim pengalaman dan baru aja baca pedomannya lebih baik lihat pegangan anda deh yang tadi anda sudah klasifikasikan, kan sudah lebih mudah dalam mencari jawabannya. 

Terus bagaimana tips sebelumnya yang katanya ingin digabungin di tips ini. Baiklah, jawaban salah tanpa pengurangan nilai itu keuntungan karena anda bisa nembak, tapi jangan asal nembak ya. Nembaklah jika saat waktu sudah mau menghabisi anda :) atau saat anda sudah buntu. Pada soal pilihan ganda, anda punya kemungkinan benar 1 : 4, jadi kalo anda nembak a semua atau b semua, kemungkinan anda tetap bisa mendapat nilai. Lumayan buat tambahan. Tapi alangkah baiknya jika anda mampu mengklasifikasi jawaban. Lho maksudnya?? begini, dalam pilihan ganda kerap ditemui pilihan yang sebenarnya bisa kita klasifikasi atau kita golongkan sendiri, misal ada soal dengan pilihan 

a. mawar b. manusia c. tanaman d. baju

Tanpa harus melihat soal, kemungkinan terbesar jawabannya adalah d, baju, kenapa?? pikir aja sendiri, karena kalau anda tidak bisa menganalisa ini, lewati tips saya yang ini. hehehehehe

Tips Keenam adalah RELAX. Santai aja, ingat-ingat kalo lulus anda bakal dikasih tanggung jawab yang mengerikan dan umumnya tidak mendapat reward yang pantas. Jadi jangan takut ga lulus, karena dengan tidak lulus sebenarnya anda itu Selamat!!!

Tips Ketujuh adalah LUCK atau keberuntungan. Sebenarnya ini bukan tips, tapi nasib lo aja. 

Inilah tips-tips dari gue, semoga berguna. Kalo ga berguna juga, baca lagi tips ketujuh. Selamat mencoba.









4 comments:

  1. Gan ada soft copy bahan ga kalo ada mohon di email ke fuad_rantau80@yahoo.co.id
    Mohon ya gan saya mau ikut ujian

    ReplyDelete
  2. Gan ada soft copy bahan ga kalo ada mohon di email ke fuad_rantau80@yahoo.co.id
    Mohon ya gan saya mau ikut ujian

    ReplyDelete
  3. ga ada softcopy gan... adanya hardcopy. sori baru aktif ngeblog lagi. mudah2an ente udah lulus.

    ReplyDelete
  4. Makasih tipsnya mas.. saya bsk ujian nih hihihi

    ReplyDelete