FILE CHK PADA BLACKBERRY MEDIA CARD STORAGE



Pernahkah kita dibuat bingung karena media penyimpanan pada smartphone blackberry kita terdeteksi penuh? Namun saat dicek dengan teliti pada built-in storage maupun media card storage, storage kita tidak dipenuhi oleh file-file yang umumnya kita simpan. Lalu apa yang menyebabkan storage blackberry kita penuh, khususnya pada Media Card Storage?

Jawabnya adalah file-file berekstensi CHK yang terdapat dalam folder-folder "Found0000, Found0001, dst" yang menjadi biang keladinya. Lalu apa penyebab file-file tersebut tersimpan pada Media Card Storage Blackberry? Adalah feature repair Media Card yang menjadi penyebabnya.

Terkadang media card pada Blacberry corrupt, dan memerlukan perbaikan. Secara otomatis Blackberry meminta konfirmasi repair pada user, dimana salah satunya adalah meminta konfirmasi untuk "save lost cluster". Tindakan inilah yang menyebabkan Blackberry secara otomatis melakukan backup pada Media Card Storage. Backup tersebut berbentuk file CHK dan disimpan di dalam folder "Found000x". Bayangkan jika Media Card sering corrupt, lalu kita lakukan repair,  berapa banyak file backup yang tersimpan. Hal ini sudah barang tentu memakan  kapasitas Blackberry kita.


Lalu bagaimana solusinya? Solusi pertama adalah preventif atau pencegahan, jangan centang item "save lost cluster" saat melakukan repair Media Card Sorage. Namun jika Blackberry sudah terlanjur dipenuhi file-file tersebut, maka lakukan langkah-langkah ini.
  1. Colok Blackberry pada PC dengan kabel data, dan fungsikan sebagai USB;
  2. Jangan lupa setting PC agar dapat menampilkan folder atau file yang di hidden;
  3. Lihat pada drive Blackberry, pasti akan terlihat folder "Found0001, Found0002, dst";
  4. Hapus folder-folder tersebut;
  5. Congratz, Media Card Storage Blackberry anda kembali normal.
 Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

INSTAGRAM